Sabtu, 01 Oktober 2016

Dalam memeriahkan puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 71, ratusan warga Desa Kalibalangan, Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara menyerbu dua kolam ikan yang terletak di Dusun Jakartabaru guna mengikuti lomba menangkap ikan dengan kedua tangan. Kepala Desa(Kades) Kalibalangan, Kecamatan Abung Selatan, Lampung Utara(Lampura), Ahmad Husen mengatakan, ?panitia sengaja menggelar acara unik menangkap ikan itu karena mengambil nilai juang para pejuang dalam meraih kemerdekaan NKRI.


“Panitia sengaja menggelar lomba adu tangkas menangkap ikan hanya memakai tangan tanpa alat ini di dalam kolam di Dusun Jakartabaru, Desa Kalibalangan untuk meriahkan HUT kemerdekaan RI ke 71,” kata Ahmad Husen, Senin(22/8).

Untuk peserta dalam lomba itu, lanjut Ahmad Husen, sedikitnya 250 warga desa setempat dan hadiah yang diperebutkan peserta terbanyak tangkapannya.”Acaranya dilaksanakan di dua kolam. Satu kolam khusus ikan lele diikuti peserta laki-laki. Dan untuk peserta perempuan ikannya campuran mas dan nila,”lanjut Ahmad. Dijelaskan, pada kolam peserta laki-laki yang berisikan ikan lele di-isi oleh panitia sebanyak 100 kg, dan di kolam peserta perempuan di isi 150 kg. “Peserta di kolam lele sekitar seratusan orang, dan di kolam ikan mas dan nila ada sekitar seratus lima puluhan orang,”jelas dia.

Selain lomba itu, lanjutnya, panitia juga menggelar hiburan rakyat dengan mengadakan pertunjukan kudalumping di dusun empat, dan orgenan yang dilaksanakan di dusun lima.”Pada acara puncak, telah dibagikan hadiah bagi para pemenang lomba dalam rangkaian HUT RI ke 71,”pungkas Ahmad.(rid).

Sumber: http://radarkotabumi.co.id/

0 komentar:

Posting Komentar